Wah! Begini Kisah Soekarno yang Harus Buat Tempat Tidur Demi Raja Arab Saudi

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Sejak mendaratkan kaki di Indonesia, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud bertanya soal keturunan Presiden pertama Soekarno. Saat di Istana Bogor, Raja Salman sempat bertemu dengan cucu Bung Karno, Puan Maharani.

Dalam kesempatan itu Raja Salman sampai dua kali memanggil Puan. Hari berikutnya, selain Puan, Raja Salman bertemu dengan Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka. Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 15 menit bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Ternyata menurut Puan, ada cerita unik disampaikan Raja Salman terkait hubungan antara Raja Arab Saudi terdahulu dengan Presiden Soekarno yang begitu dekat. Namun Puan mengatakan, belum diketahui dengan jelas siapa Raja Arab Saudi yang pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan kakeknya itu.

Namun Puan menceritakan, Presiden Soekarno sempat membuatkan tempat tidur khusus untuk Raja tersebut. “Jadi menceritakan bahwa waktu itu Raja Saudi ada yang bertemu dengan Bung Karno, ini yang tadi kita bicara enggak tahu Raja Saudi yang mana, bahwa Raja Faisal atau Abdullah,” katanya, Kamis (02/03/2017), seperti dilansir dari Merdeka.

“Kemudian pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali enggak ada tempat tidur yang cukup. Nah Bung Karno selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, sepanjang dua meter. Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor,” ungkap Puan.

Sebagaimana diketahui, kemarin di Istana Bogor, Rabu 1 Maret 2017, saat baru tiba di Istana Kepresidenan Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo, Raja Salman menanyakan cucu Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno. “Mana cucu Soekarno?” tanya Raja Salman kepada Presiden.

Tak lama, Presiden memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. “Ini cucu Soekarno,” kata Presiden.

Dan akhirnya pada hari ini, Raja Salman dapat bertemu secara khusus dengan anak dan cucu dari Presiden Soekarno.

“Ini menunjukkan bukti bahwa hubungan antara Arab Saudi dengan Indonesia, Soekarno dengan Raja Faisal sangat erat, saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini,” ucap Raja Salman seperti diungkapkan oleh Puan Maharani.

Hubungan baik kedua negara ini ternyata sudah dimulai dari zaman Soekarno. Terbukti dengan adanya pohon Soekarno di Padang Arafah. Pohon tersebut langsung dibawa dari Indonesia beserta tanah subur dari Thailand.

Dilansir dari Kompas.com, penanaman ‘Pohon Soekarno’ di padang seluas 1.250 hektar tersebut merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Arab Saudi atas gagasan Bung Karno yang berhasil menghijaukan Padang Arafah.

Perawatannya tak boleh sembarangan, di bawah tanah tersebut ditanam juga pipa untuk mengalirkan air keran.

SK
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: