5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Remaja Indonesia di Era Orde Baru

Narayana 734 - Bangsa kita memiliki sejarah kelam di masa Orde Baru. Ketika itu, negara ini mengalami Korupsi, Kolusi dan Nepotisme secara besar-besaran dan kita tidak mengetahuinya sama sekali. Banyak yang bilang bahwa Orde Baru sukses dalam pemerintahan, namun kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di pelosok daerah karena akses informasi dibatasi.

Selain ketidakstabilan ekonomi dan politik, negara kita juga mempunyai aturan ketat untuk remaja kala itu. Remaja dianggap sebagai kelompok umur yang harus dijaga ketat karena berpotensi untuk melakukan tindakan yang merugikan negara. Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan remaja di era Orde Baru.
  
1. Tidak Boleh Gondrong (Era 60-an)
Pada tahun 60-an gaya hidup Hippies sedang trending. Kaum Hippies terdiri dari beberapa pemuda-pemudi yang tinggal nomaden alias berpindah-pindah dan hidup secara bebas. Gaya hidup ini sangat mendunia hingga masuk ke Indonesia. Banyak remaja Indonesia yang berambut gondrong, mengikuti kaum Hippies.

Melihat tren tersebut, pemerintah merasa budaya Indonesia terancam. Akhirnya semua anak muda dengan rambut gondrongpun dirazia di jalan-jalan. Padahal, orang yang berambut gondrong bukan berarti orang yang melakukan tidak kriminal. Bahkan, pemerintah kala itu mendirikan Bakoperagon alias Badan Koordinasi Pemberantasan Rambut Gondrong.
  
2. Kegiatan Kampus Dibatasi (Kebijakan Tahun 1978)
Jika saat ini para mahasiswa bebas berlama-lama di kampus untuk berdiskusi, mahasiswa tahun 70an tidak merasakan kemewahan semacam itu. Pada tahun 1978 Pemerintah menerapkan kebijakan Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan. Gerakan tersebut kemudian dikenal dengan nama NKK/BKK.

Melalui Organisasi tersebut, pemerintah membatasi kegiatan hanya untuk hal-hal yang bersifat akademis semata. Mereka tidak boleh melakukan diskusi yang berhubungan dengan politik karena dikhawatirkan akan menumbangkan pemerintahan. Rektorat juga diberi kewenangan untuk menentukan kegiatan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam kampus.

3. Banyak Buku dan Majalah yang ‘Haram’ Dibaca (1968-1998)
Banyak dari generasi sekarang yang tidak kenal Pramoedya Ananta Toer. Dia adalah seorang sastrawan ternama sekaligus menjadi satu-satunya sastrawan Indonesia yang berkali-kali dinominasikan untuk meraih Penghargaan Nobel Sastra. Pram sempat merasakan dipenjara oleh pemerintahan Orde Baru karena karya-karyanya yang dianggap membahayakan bagi bangsa, padahal bukunya berisi tentang sejarah kelam bangsa ini.

Selama 32 tahun rezim Orde Baru sedikitnya sekitar 2.000 judul buku dan ratusan majalah telah dibredel alias dilarang edar oleh pemerintah. Novel Pram, Tetralogi Buru, dilarang dan bahkan dibakar secara publik karena dianggap melecehkan. Padahal Pram justru mengkritik bangsa ini untuk perbaikan.

4. Tidak Boleh Bertato (1981-1985)
Di sekitar tahun 1981 hingga 1985, dilakukan operasi yang menjaring preman atau anak-anak liar. Operasi ini dilakukan dengan sangat brutal, yaitu dengan menembak siapa saja yang berkeliaran di jalan, terlebih mereka yang memiliki tato. Mayat korban akan dibiarkan membusuk begitu saja hingga ditemukan warga. Hal ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan efek jera.

Namun ini menimbulkan masalah bagi mereka yang memiliki tato hanya untuk kesenangan. Karena tidak semua orang bertato itu seorang kriminil. Coba bayangkan berapa banyak orang yang ditembak jika peraturan tersebut diberlakukan sekarang? Mungkin artis kesayangan Anda sudah tewas dan tidak dapat lagi tampil di TV.
 
5. Tidak Boleh Kritis Pada Pemerintah
Di era sekarang, semua orang boleh mengkritik pemerintahan. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sering mengkritik pemerintahan lewat social media Anda. Bahkan orang yang kurang mengerti permasalahanpun bisa menjadi kritikus dan pakar dalam mengkritik pemerintahan.

Semua hal itu tidak bisa Anda lakukan di era Orde Baru. Mengkritik pemerintah lewat lagu saja bisa membuat Anda dijebloskan ke penjara. Sudah banyak aktivis yang mengkritik pemerintahan Orde Baru tidak diketahui keberadaannya karena ‘dilenyapkan’ oleh pemerintahan Soeharto. Salah satunya adalah aktivis Widji Tukul yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya.

Itulah tadi beberapa hal-hal yang tidak boleh dilakukan di masa pemerintahan Orde Baru. Tidak bisa dibayangkan betapa menderitanya hidup tanpa kebebasan berekspresi dan mengkritisi pemerintahan. Juga begitu banyak orang yang lenyap nyawanya akibat kebijakan sewenang-wenang.

Meski banyak yang harus diperbaiki, setidaknya di pemerintahan sekarang, kita selalu diberi ruang untuk mengkritisi pemerintah. Oleh karena itu hendaknya kebebasan tersebut kita pergunakan dengan bijak. Jangan pernah mengkritisi dengan kebencian membabi buta, terlebih menyebarkan fitnah.

Sumber

Wanita Meninggal Karena Dilarang Browsing di Internet

Foto: copyright Thinkstockphotos.com
Narayana 734 - Kita percaya bahwa dengan menjelajah internet, kita mampu mendapatkan segala pengetahuan yang kita inginkan. Dengan internet segala informasi tersedia bagi pertanyaan Anda, dan kemudahan untuk mengaksesnya juga menjadikannya sebagai pilihan terbaik saat Anda ingin mengetahui atau mencari informasi tentang sesuatu. Namun seperti yang dilansir oleh metro.co.uk, ada seorang dokter yang menyuruh pasiennya berhenti mencari informasi di internet dan itu berdampak fatal pada kehidupan sang pasien.
 
Hal ini bermula saat seorang gadis remaja bernama Bronte Doyne khawatir akan kesehatannya sendiri. Ia meminta kepada dokter untuk membawa keluhannya dengan serius, namun yang ia dapatkan malah sang dokter menyuruhnya untuk 'berhenti Googling”.
Foto: copyright metro.co.uk
Bronte pertama kali dirawat di rumah sakit pada bulan September 2011 dengan dugaan apendisitis, dan diberitahu bahwa ia memiliki karsinoma hepatoseluler fibrolamellar tak lama setelah itu.

Selama 16 bulan, dia diberitahu oleh dokter bahwa dia akan bertahan penyakit dan tidak perlu khawatir tentang setelah operasi untuk mengangkat bagian dari hatinya pada bulan Desember.

Tapi Bronte dan keluarganya tahu melalui penelitian online mereka sendiri bahwa ada kemungkinan tinggi kanker akan kembali dan akhirnya mengklaim hidupnya pada tanggal 23 Maret 2013.

Namun saat hal ini dikonsultasikan dengan dokter, sang dokter menyuruhnya untuk berhenti melakukan penelitian melalui internet.

Sebelum meninggal Bronte Doyne sempat menuliskan bagaimana perasaan dan keluhannya melalui sosial media. Pesan- pesan tersebut membuka mata banyak orang untuk lebih memperhatikan keluhan yang terjadi pada kesehatan.
Foto: copyright metro.co.uk
Foto: copyright metro.co.uk
Penyakit yang diderita Bronte Doyne adalah kanker hati langka yang mempengaruhi 200 orang di seluruh dunia setiap tahun. Pasien seringnya memiliki gejala sakit perut, dan tidak ada gejala yang menonjol lainnya. Meskipun ada beberapa yang akan menderita sakit, mengalami penurunan berat badan dan mengalami penyakit kuning.
 
Dengan kasus ini semoga Anda dan tenaga medis yang ada tidak lagi menyepelekan keluhan yang terjadi pada tubuh. Tidak ada salahnya mencari tahu melalui internet sebelum semuanya terlambat.

Vemale

Mendadak Viral, Ini Dia Cleaning Service Cantik di Stasiun Medan

Duma Mariana Simanjuntak © Instagram
Narayana 734 - Suka travelling? Coba ke Medan, Sumatera Utara. Selain ada banyak hal-hal baru yang bisa kamu dapat kesana, jika beruntung, mungkin kamu bisa bertemu wanita cantik ketika berada di Stasiun Kereta Api Medan.

Yap, sosok Duma Mariana Simanjuntak sedang populer belakangan ini. Dia adalah seorang cleaning service di stasiun Medan, dan ternyata dirinya mempunyai paras cantik.

Dilansir dari Brilio.net, mahasiswi International Business Management Indonesia Medan ini memang sengaja melamar kerja sebagai cleaning service. Hal tersebut dilakukannya untuk membantu orang tuanya.

"Saya sudah dua tahun lebih bekerja di Stasiun Medan. Setelah tamat sekolah dulu saya ingin lanjut kuliah tapi biaya tidak ada, " ungkap cewek berusia 18 tahun ini.

"Saya kemudian melamar di salah satu outsourcing yang bekerja sama dengan PT KAI sebagai cleaner. Satu tahun lamanya saya jadi cleaning service di kereta api bandara," tambahnya.

Salut! Dirinya bersusah payah bekerja supaya tak memberatkan orang tua, walaupun pekerjaan yang dilakukan bisa jadi bukanlah pekerjaan favorit. Jarang loh orang-orang seperti ini sekarang, istri-able banget ya?

Kapanlagi

Berita Hasil Final EURO 2016: Portugal Juara Karena Format 24 Tim

Narayana 734 - Portugal akhirnya berhasil menjadi juara Piala Eropa / EURO 2016 setelah menang tipis 1-0 dari Perancis pada babak final yang digelar Senin (11/7/2016) dini hari tadi. Gol tunggal Eder di babak ekstra time, membuat Ronaldo cs ini berhasil menyandang titel juara EURO 2016.

Perjalanan Portugal di ajang EURO 2016 ini terbilang tidak begitu gemilang. Pada babak penyisihan grup, Portugal yang berada di grup F bersama Hungaria, Islandia dan Austria belum sekalipun pernah meraih kemenangan.

Pada pertandingan pertama, mereka ditahan imbang 1-1 oleh Islandia. Pada pertandingan berikutnya, Portugal ditahan imbang 0-0 oleh Austria. Bahkan di laga penutup grup, mereka kembali gagal meraih kemenangan lantaran ditahan imbang 3-3 oleh Hungaria.

Dengan hasil tersebut, Portugal hanya berada di posisi 3 grup F. Namun karena EURO 2016 kali ini mengusung format 24 tim, maka empat tim terbaik posisi 3 berhasil lolos ke babak knock out. Portugal akhirnya lolos ke fase berikutnya bersama Slovakia, Repubik Irlandia dan Irlandia Utara yang sama-sama finis di tempat ketiga pada grup masing-masing. Jika saja EURO 2016 ini tidak mengusung format 24 tim, bisa dipastikan Portugal sudah tumbang di fase grup.

Pada babak 16 besar, Portugal gagal menang di waktu normal  karena gol tunggal Quaresma baru tercipta di menit ke-117. Selanjutnya, di perempat final, Portugal nyaris kalah 0-1 jika saja Renato Sanches tak mencetak gol penyeimbang pada menit ke-33. Skor 1-1 memaksa pertandingan berlanjut ke babak penalti. Di babak tersebut mereka berhasil menang karena Blaszcykowski (Polandia) gagal memasukkan bola.

Namun Portugal bisa tampil gemilang di babak semifinal dimana Ronaldo cs berhasil mengalahkan Wales dengan skor 2-0. Hasil ini merupakan hasil terbaik Portugal di ajang EURO 2016.

Perjalanan Portugal di EURO 2016:

Fase Grup
  • 14 Juni 2016 Portugal vs Islandia 1-1
  • 18 Juni 2016 Portugal vs Austria 0-0
  • 22 Juni 2016 Hungaria vs Portugal 3-3
Babak 16 Besar
  • 25 Juni 2016 Kroasia vs Portugal 0-1
Perempat Final
  • Polandia vs Portugal 1-1
Semifinal
  • Portugal vs Wales 2-0
Final
  • Portugal vs Prancis 1-0
Source: Orbitindo

HASIL JERMAN vs PERANCIS 0-2 FT, Skor Akhir Semi Final Piala Eropa 2016 Jum’at 8/7/2016

Narayana 734 - Dari lanjutan hasil pertandingan perebutan tiket terakhir ke babak final Piala Eropa 2016. Saat Jerman harus bertemu dengan tuan rumah Perancis dalam pertandingan yang di gelar Jum’at 8 Juli 2016 di Stade Vélodrome.

Dimana akhirnya tuan rumah Perancis berhasil meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Jerman lewat gol yang dicetak striker andalannya Antoine Griezmann di menit ke 45+2 melalui eksekusi hadiah penalti.

Selanjutnya Antoine Griezmann kembali menjebol gawang Neuer di menit ke 72 untuk membawa Perancis lolos ke babak final dan akan bertemu Portugal yang telah lolos lebih dulu.

Indoberita

LIVE MATCH – Hasil Portugal Vs Wales Skor Akhir 2-0 : Semifinal EURO 2016, Kamis 7 Juli 2016

Narayana 734 - Laga perdana Semifinal EURO 2016 mempertemukan dua negara terbaik Portugal melawan Wales di Parc Olympique Lyonnais, kamis (07/07/2016). Portugal akhirnya berhasil melaju ke babak Final EURO 2016 usai sukses mengalahkan Wales dgn skor 2-0. Gol kemenangan Portugal dicetak Christiano Ronaldo dan Luis Nani pada awal babak kedua.

Dalam pertandingan, laga berjalan alot sejak menit awal pertandingan. Christiano Ronaldo baru mampu membawa Portugal unggul pada menit ke 50. Memanfaatkan situasi sepak pojok, umpan Raphael Guerreiro berhasil disalmbut CR7 dgn tandukan keras untuk merobek gawang Hennessey. Sementara Portugal unggul 1-0 atas Wales.

Bahkan Sellecao mampu menggandakan keunggulan tiga meit berselang lewat sontekan Luis Nani. Tendangan keras Ronaldo dari luar kotak penalti mampu dibelokan nani di muka gawang dan membuat Hennessey mati langkah. Portugal pun unggul semakin jauh 2-0 atas sang lawan.

Di sisa waktu pertandingan, Wales mencoba untuk engejar ketertinggalan. Namun hingga pertandingan usai skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan Portugal. Hasil ini mengantarkan Ronaldo dkk memastikan satu tiket di laga puncak.

Indoberita

LIVE SCORE HASIL PERANCIS VS ISLANDIA, Skor Akhir 5-2 EURO 2016

Narayana 734 - Hasil Perancis vs Islandia dalam lanjutan laga terakhir babak perempat final EURO 2016 tadi malam di tutup dengan skor akhi 5-2 untuk kemenangan tuan rumah Perancis. Dengan hasil ini, maka sudah dapat dipastikan skuad Les Blues melenggang ke semifinal EURO 2016 dan akan berhadapan dengan tim Der Panser Jerman.

Kedua tim yang sama-sama menampilkan permainan terbuka memaksa pertandingan diwarnai denga hujan gol. Penampilan apik Pogba dkk mampu bawa tuan rumah unggul 4 gol lebih dulu. Dibuka dengan gol Giround di menit 12, kemudian disusul gol Pogba memasuki menit 20. Tiga menit jelang turun minum Dimitri Payet menggandakan keunggulan Prancis menjadi 3-0, sebelum akhirnya gol Antoine Griezmann dua menit berselang menutup akhir babak pertama dengan keungulan 4-0 untuk tuan rumah Perancis.

Selepas turun minum, Islandia sempat memberikan perlawanan. Terbukti dengan lahirnya gol dari K. Sigþórsson di menit 56′. Namun sayangnya tak berselang lama, aksi briliant Oliver Giround kembali bawa tuan rumah menjauh dengan keunggulan 5-1. Enam menit sebelum bubaran, Islandia sempat mencetak golkeduanya lewat B. Bjarnason. Sayang, gol tersebut tak mampu selamatkan mereka dari kekalahan. Skor 5-2 untuk kemenangan Perancis bertahan hingga bubaran.

LIVE MATCH: Hasil Jerman Vs Italia Skor 1-1 (PK 6-5), Hasil Babak 8 Besar Piala Eropa 2016 Minggu 3 Juli 2016

Narayana 734 - Dari laporan hasil pertandingan di babak perempat final Piala Eropa 2016 yang telah berlangsung. Saat duel panas menuju babak semi final mempertemukan favorit juara Jerman dengan Italia dalam laga yang akan di langsungkan Minggu 3 Juli 2016 di Stadium Matmut Atlantique. Dan untuk hasil pertandingan ini, Jerman berhasil mengalahkan Italia lewat adu penalti 6-5, setelah kedua kubu bermain imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu.

Dalam pertandingan ini, Jeman mampu memecah kebuntuan di menit ke 63 lewat sepakan jarak dekat Mezut Ozil yang gagal diamankan Buffon. Skor 1-0 untuk Jerman.

Namun kedudukan kembali menjadi imbang 1-1 setelah Italia mendapat hadiah penalti di menit ke 78 menyusul handballs Boateng. Dan Bonucci yang maju sebagai eksekutor mampu memperdaya Neuer. Skor 1-1 ini bertahan hingga laga usai yang berlanjut extra time.

Dan dalam drama adu penalti yang melibatkan sampai pemain ke 9, akhirnya Jerman yang menang 6-5 atas Italia.

Indoberita

LIVE MATCH – Hasil Wales Vs Belgia Skor Akhir 3-1 : Perempat Final EURO Sabtu 2 Juli 2016

Narayana 734 - Dari lanjutan babak perempat final EURO 2016 laga menegangkan akan terjadi antara Wales melawan Belgia di Stade Pierre Mauroy, sabtu (02/07/2016). Wales berhasil mencetak sejarah baru dgn lolos ke babak semifinal EURO 2016 usai mengalahkan Belgia. Wales sukses memulangkan Belgia setelah berhasil menang 3-1 dan berhak atas satu tiket ke babak selanjutnya.

Dalam pertandingan, Belgia mampu unggul lebih dulu pada menit 13 lewat tembakan spektakuler Nainggolan. Sepakan kerasnya dari luar kotak pinalti berhasil menggetarkan jala gawang Wales.

Wales baru mampu menyamakan kedudukan menit ke 31 lewat Ashley Williams. Memanfaatkan sepak pojok Ramsey, Williams yg muncul dari belakang berhasil menanduk bola untuk merobek gawang Courtois. Skorpun kembali sama kuat 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Wales mampu berbalik unggul menit ke 55 lewat skill memukau Hal Robson-Kanu. Kembali mendapat umpan dari Ramsey, Kanu berhasil memutar badan sebelum melepaskan tembakan yg merobek gawang Courtois. Wales pun berbalik unggul 2-1.

Dan kemenangan Wales pun dikunci oleh satu gol Sam Vokes menit 86. Umpan lambung Chris Gunter berhasil disambut oleh tandukan Kanu untuk membobol gawang Belgia. Wales pun berasil menang 3-1 atas Belgia dan berhak lolos ke babak semifinal.

Indoberita

LIVE MATCH EURO 2016 : Hasil Polandia VS Portugal Skor Akhir 3-5 PEN

Portugal VS Polandia di babak 8 Besar Piala Eropa 2016
Narayana 734 - Babak pertama baru dimulai, serangan cepat dilakukan Polandia dan berhasil menjebol gawang Portugal dimenit ke-3 oleh Lewandowski. Namun tidak mau kalah, Renato Sanches berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-32 hasil kerjasama Nani. Skor sementara babak pertama 1-1 hingga babak pertama selesai.

Babak kedua terjadi peningkatan serangan terutama dari Portugal. Ada beberapa kali peluang yang muncul tapi tidak berakhir dengan baik seperti misalnya di menit ke 90 PEPE dari tendangan sudut bek Real Madrid, merangsek ke kotak penalti untuk menyundul bola tetapi dia terlebih dahulu terkena jebakan off-side. Hingga babak kedua selesai, skor sementara tidak berubah dan lanjut ke perpanjangan waktu.

Di babak tambahan juga tidak terjadi gol sama sekali. Oleh sebab pertandingan bola dilanjutkan ke adu penalti. Hasil adu penalti, Portugal menang dengan skor 5-3 atas Polandia. Berikut para penedang bola di ADU Penalti.

Portugal : Cristiano Ronaldo (gol), Renato Sanches (gol), João Moutinho (gol), Nani (gol), Ricardo Quaresma (gol)

Polandia : R. Lewandowski (gol), A. Milik (gol), K. Glik (gol), J. Błaszczykowski (gagal)

Hargatop