Ketika Klub Sepakbola Terkenal ‘Salah Pilih’ Jersey

Kalau suka, share artikel ini:
Narayana 734 - Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di dunia. Hampir setiap negara pasti punya tim sepakbola nasional yang dipersiapkan untuk melawan tim sepakbola dari negara lain saat ada pertandingan internasional.

Salah satu perlengkapan wajib dalam sepakbola profesional adalah jersey atau seragam klub atau negara. Jersey berfungsi sebagai identitas dari klub tersebut serta untuk membedakan masing-masing pemain. Tidak hanya itu saja, jersey terkadang juga memuat logo sponsor yang diterima oleh klub tersebut. Tapi, jersey tidak selamanya terlihat keren, karena terkadang beberapa klub sepertinya salah memilih desain jersey mereka hingga terlihat aneh seperti berikut ini.

1. Brighton & Hove Albion
Brighton and Hove Albion Footbal Club adalah klub sepakbola asal Inggris yang berlokasi di Brighton & Hove, East Sussex. Klub ini juga biasa dikenal dengan Brighton saja dan saat ini mereka juga bermain dalam liga Champion.
Brighton and Hove Albion [Image Source]
Pada tahun 1989 klub ini mengeluarkan jersey untuk pertandingan away yang berbeda dari biasanya. Jangan terlalu lama memandangi kaos jersey berwarna merah dan putih ini, karena kamu nanti bisa pusing melihatnya. Motifnya yang zigzag ini jika dilihat terus menerus bahkan terlihat seperti bergerak-gerak.

2. Australia
Tim sepakbola nasional Australia pertama dibentuk tahun 1922 untuk tur melawan New Zealand. Untuk 36 tahun selanjutnya, Australia, New Zealand, dan Afrika Selatan menjadi lawan reguler dalam pertandingan tour (eksibisi).
Australia [Image Source]
Tahun 1990, Australia membuat jersey untuk pertandingan homenya. Desainer kaos ini sepertinya ingin menunjukkan nuansa tropis pada jersey negaranya. Tapi perpaduan warna hijau dan kuning ini terlihat tidak pas sehingga justru membuat jersey ini terlihat kacau dan malah kelihatan mau safari. Apalagi saat dipadukan dengan celana pendek hitam dan kaos kaki hitam.

3. Athletic Bilboa Centenary, 2014
Seniman Dario Urzay membantu Bilboa merayakan ulang tahunnya ke 100 dalam dunia sepakbola. Desain ini tentu memang membuat siapapun yang melihatnya terkejut.
Athletic Bilboa [Image Source]
Kaos ini seharusnya dibuat untuk efek menghilangkan darah. Tapi kelihatannya justru seperti selai stroberi yang tumpah di kaos. Dan agak ‘lucu’ rasanya melihat tim sepakbola dengan jersey semacam ini.

4. Jorge Campos
Penjaga gawang selalu mengenakan jersey yang berbeda dari pemain lainnya, termasuk timnya sendiri namun tetap merepresentasikan timnya. Itulah mengapa terkadang memilih jersey yang tepat untuk penjaga gawang cukup sulit.
Jorge Campos [Image Source]
Tapi untuk Jorge Campos, penjaga gawang asal Meksiko, ia akan dengan mudah dibedakan dengan jersey yang ia pakai. Bagaimana tidak, ia terlihat sangat mencolok dalam jersey ini dengan warna yang menyala terang. Ia mendesain jersey ini sendiri, dengan warna-warna neon dan desain segitiga terbalik.

5. La Hoya Lorca
La Hoya Lorca adalah salah satu tim sepakbola asal Spanyol. Dalam rangka merayakan ulangtahun daerah Murcia yang seringkali disebut taman sayur Spanyol, La Hoya Lorca mendesain jersey yang sangat jauh berbeda dari biasanya.
La Hoya Lorca [Image Source]
Tidak cukup dengan membuat jersey berwarna hijau saja, jersey ini dibuat mirip seperti bungkus sayur brokoli. Ya, brokoli. Dengan motif keriting hijau yang sangat mirip dengan sayuran, seperti yang terlihat pada gambar. Para pemainnya memakai jersey ini di season terakhirnya. Bisa dibayangkan ada pemain dengan nuansa hijau brokoli berlarian di atas lapangan hijau? Seperti itu.

6. The Caribous of Colorado
The Caribous of Colorado adalah tim sepakbola profesional yang berlokasi di Denver, Colorado. Mereka bermain di liga sepakbola Amerika Utara. Mereka bermain pertama kali pada tahun 1978.
Caribous Colorado [Image Source]
Kostum berwarna cokelat tersebut memiliki aksesoris rumbai di bagian dada. Jika dilihat sekilas, jersey tersebut mirip dengan kostum cheerleader dengan aksesori rumbai-rumbainya.

Jersey para pemain sepakbola memang dibuat untuk menunjukkan identitas klub para pemain ini. Belum lagi dengan kewajiban untuk menunjukkan sponsor mereka, jadi terkadang mendesain jersey original yang benar-benar bagus memang bukan pekerjaan gampang.

Boombastis
Kalau suka, tolong klik "like/suka" di bawah ini:
Kalau suka, share artikel ini: